Find Us On Social Media :

10 Jenis Makanan yang Ternyata Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mental

GridHEALTH.id - Kesehatan mental adalah aspek penting dalam kesejahteraan secara keseluruhan. Selain perawatan medis dan dukungan psikologis, pola makan juga dapat berperan dalam meningkatkan kondisi mental.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat Anda pertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam diet guna mendukung kesehatan mental:

1. Ikan Berlemak:

Ikan seperti salmon, trout, dan sarden mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak ini, terutama DHA dan EPA, dapat mendukung fungsi otak dan mengurangi risiko gangguan mental seperti depresi.

2. Buah-buahan dan Sayuran Berwarna-warni:

Buah-buahan dan sayuran yang kaya pigmen warna mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif. Konsumsi beragam warna buah dan sayur dapat memberikan berbagai nutrisi yang mendukung kesehatan mental.

3. Kacang dan Biji-Bijian:

Kacang-kacangan seperti almond dan kenari, serta biji-bijian seperti chia dan biji bunga matahari, mengandung asam lemak omega-3, serat, dan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat untuk otak.

4. Sayuran Berdaun Hijau:

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale kaya akan asam folat, yang dapat membantu mengatur mood dan meredakan gejala depresi.

5. Oatmeal dan Karbohidrat Kompleks:

Baca Juga: Gizi Lengkap Keluarga Sehat: Cukupi Kebutuhan Nutrisi untuk Cegah Berbagai Gangguan Mental