Find Us On Social Media :

Manfaat Daun dari Kembang Kol yang Biasanya Dibuang Begitu Saja

Manfaat daun kembang kol

GridHEALTH.id - Daun kembang kol, yang sering diabaikan, ternyata memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Kembang kol (Brassica oleracea var. acephala) merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi, dan daunnya tidak kalah penting dibandingkan dengan kepala kembang kol yang biasa dikonsumsi.

Berikut adalah beberapa manfaat daun kembang kol.

1. Kaya Antioksidan

Daun kembang kol mengandung antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten, yang membantu melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

2. Sumber Vitamin dan Mineral

Daun kembang kol kaya akan vitamin dan mineral esensial, termasuk vitamin A, K, dan C. Vitamin K mendukung kesehatan tulang dan pembekuan darah, sementara vitamin A penting untuk kesehatan mata.

3. Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam daun kembang kol dapat memberikan perlindungan terhadap kesehatan mata. Senyawa ini dikenal dapat mengurangi risiko degenerasi makula, yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan pada usia tua.

4. Menyokong Kesehatan Jantung

Daun kembang kol mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Anti-inflamasi Alami

Baca Juga: Kaya Akan Nutrisi, Ini 4 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan Penyandang Diabetes