Find Us On Social Media :

Pelayanan Kesehatan di Ibu Kota Nusantara, Melihat Kabar Rumah Sakit dan Tenaga Medis di IKN

Kebijakan yang baik akan mendukung layanan rumah sakit di IKN,

GridHEALTH.id - Ibu Kota Negara (IKN) diharapkan dapat mengubah orientasi pembangunan menjadi lebih Indonesia-sentris, serta mempercepat Transformasi Ekonomi Indonesia.

IKN akan menjadi pusat aktivitas utama yang bertindak sebagai "syaraf" bagi wilayah pemerintah pusat dan sebagai pusat inovasi hijau.

Dalam periode 2022-2024, tahap awal pemindahan ke Kawasan IKN (K-IKN) telah dimulai. Langkah ini mencakup pembangunan infrastruktur utama seperti Istana Kepresidenan, Gedung MPR/DPR RI, serta fasilitas perumahan.

Selain itu, terdapat relokasi ASN tahap awal dan pembangunan serta operasionalisasi infrastruktur dasar untuk menampung 500 ribu penduduk tahap awal.

Momentum penting di antara rangkaian peristiwa ini adalah perayaan HUT Ke-79 Republik Indonesia yang akan dilaksanakan di K-IKN pada tanggal 17 Agustus 2024.

Infrastruktur Layanan Kesehatan IKN

Pembangunan infrastruktur menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan kualitas layanan.

Suwito, Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN, menjelaskan bahwa pembangunan empat rumah sakit baru sedang dalam tahap pengerjaan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Dalam pemberitaan dari Otorita IKN sebelumnya dikabarkan bahwa Hermina akan bangun rumah sakit bertaraf internasional di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Rumah sakit ini ditargetkan dapat beroperasi pada Agustus 2024.

Ini menjadi langkah penting dalam memperluas cakupan layanan kesehatan di IKN, sekaligus meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat.

Namun, pembangunan infrastruktur saja tidak cukup. Suwito, menekankan pentingnya peningkatan kualitas layanan yang sudah ada.

Baca Juga: Menkes Budi Sadikin: Layanan Terbaik Rumah Sakit Bukan Untuk Pejabat, Tapi Pasien!