Find Us On Social Media :

Stunting di Indonesia Masih Cukup Tinggi, Apa Penyebabnya Menurut Kemenkes?

Penyebab stunting mulai dari asupan gizi hingga proses skrining.

GridHEALTH.id - Dampak stunting bersifat jangka panjang dan merugikan anak yang mengalaminya.

Tumbuh kembang anak yang terganggu akibat stunting, membuat anak yang terkena kondisi ini berisiko memiliki kemampuan kognitif yang rendah.

Tak hanya itu, ketika sudah dewasa pun anak stunting berisiko mengalami penyakit tidak menular seperti penyakit jantung dan hipertensi.

Karena efeknya yang dapat berlanjut hingga anak tumbuh dewasa, tindakan lebih lanjut perlu dilakukan untuk menangani masalah kesehatan ini.

Presiden Joko Widodo menargetkan, angka stunting mencapai 14% pada akhir tahun ini.

Kendati demikian, kasus stunting di Indonesia masih terbilang tinggi. Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), prevalensi stunting di Indonesia pada 2022 sekitar 21,6%.

Hasil dari Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tersebut, masih jauh di atas ambang batas yang ditentukan oleh WHO, yakni 20%.

Pada awal Mei, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin juga mengatakan bahwa angka stunting di Indonesia baru turun 0,1% dari 21,6% pada 2022 menjadi 21,5% pada 2023.

Apa Penyebab Stunting Masih Tinggi?

Dilansir dari laman Sehat Negeriku, jika ingin menurunkan angka stunting, maka perlu mengatasi empat masalah gizi yang menjadi pemicu kondisi ini.

Adapun empat masalah gizi tersebut yakni weight faltering, underweight, gizi kurang, dan gizi buruk.

"Kalau mau menurunkan stunting maka harus menurunkan masalah gizi sebelumnya yaitu weight faltering, undeweight, gizi kurang, dan gizi buruk. Kalau kasus keempat masalah gizi tersebut tidak turun, maka stunting akan susah turunnya," jelas Dirjen Kesehatan Masyarakat dr. Maria Endang Sumiwi.

Baca Juga: 4 Langkah Penanganan Stunting dari BKKBN, Orang Tua Juga Dilibatkan