Find Us On Social Media :

Ancaman Kesehatan dari Perubahan Iklim Jadi Fokus WHO di Program Kerja 2025-2028

WHO menetapkan fokus pada perubahan iklim yang mengancam kesehatan.

GridHEALTH.id - Pada 28 Mei 2024, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyetujui Program Kerja Umum 2025-2028 yang menempatkan respon terhadap ancaman kesehatan akibat perubahan iklim sebagai salah satu dari enam tujuan strategis utamanya.

Tujuan-tujuan ini mencerminkan fokus utama selama periode empat tahun tersebut.

Strategi ini, yang disebut Program Kerja Umum Keempat Belas (GPW 14), menganggap periode 2025-2028 sebagai peluang luar biasa untuk membangun sistem kesehatan yang tangguh dan siap menghadapi masa depan.

Pasca pandemi COVID-19, ini adalah langkah untuk kembali ke jalur pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) terkait kesehatan.

Perubahan Iklim

Perubahan iklim merupakan ancaman besar bagi kesehatan manusia yang mempengaruhi lingkungan fisik serta semua aspek sistem alami dan manusia, termasuk kondisi sosial dan ekonomi serta kesehatan.

Dengan perubahan kondisi iklim, maka peristiwa cuaca dan iklim seperti badai, panas ekstrem, banjir, kekeringan, dan kebakaran hutan menjadi lebih sering terjadi.

Peristiwa ini secara langsung dan tidak langsung meningkatkan risiko kematian, penyakit tidak menular, penyebaran penyakit menular, dan masalah kesehatan lainnya.

Dampak akibat perubahan iklim muncul lebih cepat dan akan lebih parah dari yang diperkirakan sebelumnya, sehingga manusia akan lebih sulit untuk beradaptasi dengan pemanasan global.

Saat ini, 3,6 miliar orang tinggal di daerah yang sangat rentan terhadap perubahan iklim. Meskipun negara-negara berpenghasilan rendah dan negara-negara kepulauan kecil (SIDS) berkontribusi minim terhadap emisi global, mereka merasakan dampak kesehatan terburuk.

Di daerah rentan, angka kematian akibat peristiwa cuaca ekstrem dalam dekade terakhir 15 kali lebih tinggi dibandingkan daerah yang kurang rentan.

Baca Juga: Konferensi COP28, Pentingnya Keseriusan Menghubungkan Perubahan Iklim dan Kesehatan