Find Us On Social Media :

Cek Rincian Biaya Periksa Tumbuh Kembang Dokter Anak di Berbagai Faskes

Biaya periksa tumbuh kembang anak bervariasi.

GridHEALTH.id - Masa tumbuh kembang anak adalah periode penting yang menentukan kesehatan dan kesejahteraan mereka di masa depan.

Salah satu yang harus diperhatikan oleh orangtua, yakni proses tumbuh kembang anak, apakah sudah berjalan dengan baik atau ada hambatan.

Untuk memastikannya, orang tua dapat melakukan pemeriksaan dengan dokter anak.

Mengapa Pemeriksaan Tumbuh Kembang Penting?

Pemeriksaan tumbuh kembang anak adalah proses yang sistematis dan terstruktur untuk memantau kesehatan fisik, emosional, sosial, dan kognitif anak.

Dokter anak akan mengukur tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, dan perkembangan motorik serta kemampuan berbicara anak. Pemeriksaan ini bertujuan untuk:

1. Mendeteksi masalah kesehatan dini: Banyak kondisi medis yang lebih mudah ditangani jika terdeteksi sejak dini.

Misalnya, gangguan pendengaran atau penglihatan, autisme, dan gangguan perkembangan lainnya.

2. Memberikan saran gizi dan pola asuh: Dokter anak dapat memberikan panduan tentang nutrisi yang tepat, vaksinasi, dan pola asuh yang baik sesuai usia anak.

3. Memantau perkembangan secara keseluruhan: Melalui pemeriksaan rutin, dokter anak dapat memastikan bahwa perkembangan anak sesuai dengan tahapan usianya.

Berapa Biaya Periksa Tumbuh Kembang Anak?

Meskipun tahu pentingnya pemeriksaan ini untuk anak, beberapa orang tua mengalami kendala dalam melakukannya, terutama soal biaya.

Biaya pemeriksaan tumbuh kembang di dokter anak bisa sangat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor yakni lokasi praktik, kualifikasi dan pengalaman dokter, fasilitas kesehatan, dan jenis pemeriksaan.

Baca Juga: 5 Daftar Makanan yang Direkomendasikan Kemenkes untuk Mencegah Stunting