Find Us On Social Media :

Detak Jantung Sering Tidak Normal, Bolehkah Tetap Berolahraga?

Bolehkah pengidap aritmia berolahraga?

GridHEALTH.id – Detak jantung sering tidak teratur iramanya? Hati-hati, ini bisa berarti aritmia.

Aritmia merupakan kondisi ketika irama jantung tidak normal, yang salah satu gejalanya adalah berdebar dan detak jantung terasa tidak teratur. Penyebabnya sendiri beragam, mulai dari serangan jantung, masalah kelistrikan jantung, hipertensi kronis, jantung bengkak, sumbatan koroner, hingga gagal jantung.

Ketika seseorang didiagnosis aritmia, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah terkait olahraga.

Lantas, apakah seseorang tidak boleh berolahraga saat dinyatakan aritmia? Untuk mengupas tuntas hal tersebut, berikut ini penjelasan dari dr. Alexandra Gabriella, Sp. J. P, FIHA, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Mengenal aritmia

Dalam media briefing, Jumat (7/6/2024) lalu, dr. Alexandra Gabriella, Sp. J. P, FIHA, menjelaskan ada beberapa gejala yang menunjukkan aritmia, seperti berdebar, detak jantung tidak teratur hingga berhenti, pusing, lemas, sesak napas, pingsan, dan rasa tidak nyaman di dada.

Lebih lanjut, dokter yang akrab disapa Gabriella ini mengatakan ada dua jenis aritmia yang perlu diwaspadai.

 “Jenis aritmia ada dua, aritmia berbahaya (malignant) dan aritmia jinak (benign). Kalau yang berbahaya bisa sebabkan pingsan mendadak sampai kematian mendadak,” ujar dr. Gabriella.

 “Kalau aritmia yang berbahaya atau malignant, sudah tidak ada lagi dampak jangka panjang. Detik itu juga bermasalah, langsung henti jantung mendadak, kalau tidak ditolong, bisa menyebabkan meninggal dunia.

“Kalau aritmia jinak atau benign, pasien biasanya tidak sampai pingsan. Tapi, akan ada keluhan sampai risiko seperti gagal jantung,” jelasnya.

Teknologi medis untuk mendeteksi aritmia

Untuk mengetahui apakah Anda mengalami aritmia atau tidak, ada beberapa teknologi yang bisa digunakan, yaitu:

Smart watch

Baca Juga: Rutin Minum Kopi Tanpa Gula, Benarkah Bermanfaat Bagi Jantung?