Find Us On Social Media :

Awas 4 Penyakit Ini Rentan Terjadi Selama Ibadah Haji, Simak Cara Pencegahannya

Penyakit yang rentan terjadi selama ibadah haji

GridHEALTH.id – Setiap tahunnya, jutaan jemaah dari berbagai penjuru dunia berkumpul di Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji.

Namun, perjalanan ini juga membawa tantangan kesehatan yang serius, mengingat kondisi cuaca yang ekstrem, kerumunan besar, dan aktivitas fisik yang intens.

Maka dari itu, penting untuk para jemaah haji untuk mengetahui apa saja penyakit yang kerap terjadi maupun cara pencegahannya.

Dengan begitu, ibadah haji bisa dilakukan dengan lancar dan khusyuk.

Lantas, apa saja penyakit yang sering terjadi selama ibadah haji?

Berikut ini penjelasannya.

Penyakit yang rentan terjadi saat ibadah haji

Melansir dari Tribunnews, Tim Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKP3JH) mencatat beberapa penyakit yang rentan dialami jemaah haji saat menjalankan ibadah di Tanah Suci.

Kasi Lansia, Disabilitas, dan PKP3JH Daker Madinah, Dokter Leksmana mengatakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Menurut dr. Leksmana, ISPA yang dialami jemaah haji biasanya diakibatkan kerumunan besar jemaah, polusi udara, dan perubahan suhu yang drastis di Makkah dan Madinah.

Selain ISPA, jemaah pun perlu mewaspadai penyakit gangguan pencernaan.

"Gangguan pencernaan, seperti diare, muntah, atau sakit perut, yang disebabkan perubahan pola makan, air minum yang berbeda, dan sanitasi yang mungkin tidak memadai juga perlu diwaspadai," kata dr. Leksmana, Jumat (10/5/2024).

Baca Juga: WHO Dapati Temuan 3 Kasus MERS di Arab Saudi, Ini Cara Cegah Penularan saat Ibadah Haji