Find Us On Social Media :

Gizi Lengkap Keluarga Sehat, Ketahui Apa Saja Nutrisi Wajib dalam MPASI Bayi

Gizi lengkap keluarga sehat, apa saja nutrisi yang wajib dalam MPASI bayi?

GridHEALTH.id - Memberikan gizi lengkap keluarga sehat sangatlah diperlukan, termasuk dalam makanan pendamping ASI (MPASI).

Dengan memberikan MPASI yang sehat dan bergizi, pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil akan menjadi lebih optimal.

Untuk itu, penting bagi para orang tua mengetahui apa saja nutrisi wajib yang ada di dalam MPASI.

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Nutrisi penting dalam MPASI

Melansir dari berbagai sumber, inilah beberapa nutrisi penting dalam MPASI bayi.                                                                   

1. Karbohidrat: Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi bayi. Pilih sumber karbohidrat yang baik seperti nasi, roti gandum, kentang, atau sereal bayi yang mengandung zat besi dan serat.

2. Protein: Protein diperlukan untuk pertumbuhan otot dan jaringan tubuh. Sumber protein dalam MPASI dapat berasal dari daging ayam, daging sapi, ikan, telur, tahu, atau tempe.

3. Lemak sehat: Lemak sehat seperti asam lemak omega-3 dan omega-6 penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi. Sumber lemak sehat termasuk minyak zaitun, minyak ikan, alpukat, dan telur.

4. Vitamin dan mineral: Pastikan MPASI bayi mengandung vitamin dan mineral penting seperti zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin D untuk mendukung pertumbuhan dan sistem kekebalan tubuhnya.

5. Serat: Serat membantu pencernaan dan mencegah sembelit pada bayi. Sumber serat dalam MPASI bisa diperoleh dari buah-buahan, sayuran, atau sereal bayi yang mengandung serat tinggi.

Panduan memilih makanan untuk MPASI

1. Variasi makanan: Berikan beragam jenis makanan dalam MPASI bayi untuk memastikan asupan nutrisi yang seimbang. Kombinasikan antara karbohidrat, protein, lemak sehat, serta buah-buahan dan sayuran.

Baca Juga: Gizi Lengkap Keluarga Sehat, Ini Dia Sumber Gizi yang Dibutuhkan Remaja agar Perkembangannya Optimal