Find Us On Social Media :

Rumah Sakit dan Layanan Kesehatan Berkontribusi Pada Masalah Lingkungan, Perlu Inovasi Tepat dan Segera

Rumah Sakit harus segera mengurangi dampak buruk yang ditimbulkannya terhadap lingkungan.

GridHEALTH.id - Kebutuhan akan layanan kesehatan yang berkelanjutan semakin mendesak seiring dengan dampak lingkungan yang ditimbulkannya.

Saat ini, sektor layanan kesehatan menyumbang sekitar 4.4% dari total emisi CO2 global, melebihi bahkan industri penerbangan dan pelayaran.

Selain itu, sektor ini menggunakan 10% dari bahan mentah yang diekstraksi setiap tahunnya, menunjukkan tingkat konsumsi yang sangat tinggi.

Rumah sakit, sebagai bagian penting dari layanan kesehatan, memproduksi sekitar 13 kg limbah per tempat tidur setiap harinya, dengan 15-25% dari jumlah tersebut merupakan limbah berbahaya yang memerlukan penanganan khusus.

Supply chain dalam sektor kesehatan juga bertanggung jawab atas 71% emisi CO2, menurut data dari Koninklijke Philips N.V, sehingga memperlihatkan pentingnya pengelolaan yang efisien dan berkelanjutan.

Oleh karena itu, praktik berkelanjutan dalam layanan kesehatan tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan manusia tetapi juga untuk melindungi planet Bumi.

Philips, sebagai pemimpin dalam industri teknologi kesehatan, telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan dan tanggung jawab lingkungan.

Pada tahun 2023, Philips berhasil mengurangi dampak lingkungan dengan mencapai performa lingkungan yang baik.

Sebanyak 20% dari penjualan produk dan solusi berkontribusi terhadap sirkularitas, menunjukkan dedikasi dalam mempromosikan ekonomi sirkular.

"71% dari produk yang kami buat itu ramah lingkungan dan ini konsisten dilakukan dari tahun ke tahun," jelas Astri R. Dharmawan, President Director Philips Indonesia saat ditemui GridHealth di Jakarta (24/6) saat memaparkan solusi ramah lingkungan, sebagai upaya Philips dalam menyediakan pilihan berkelanjutan kepada konsumennya.

Philips juga mencapai pencapaian yang signifikan dengan jejak karbon operasional bersih nol, didukung sepenuhnya oleh listrik terbarukan.

Baca Juga: Benarkah Lingkungan yang Tidak Higenis Menyebabkan Anak Stunting?