Find Us On Social Media :

7 Penyebab Kencing Berbusa, Awas Penyakit Ini Sedang Mengintai

Penyebab kencing berbusa dan cara mengatasinya

GridHEALTH.idKencing berbusa seringkali menimbulkan kekhawatiran karena dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang mendasar.

Meskipun dalam banyak kasus kencing berbusa adalah kondisi yang sementara dan tidak berbahaya, ada beberapa situasi di mana hal ini perlu mendapat perhatian serius.

Lantas, apa sebenarnya penyebab kencing berbusa? Dan, bagaimana cara tepat mengatasinya?

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Penyebab kencing berbusa

Melansir dari berbagai sumber, inilah beberapa penyebab kencing berbusa yang mungkin terjadi.

1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu penyebab paling umum dari kencing berbusa.

Ketika tubuh kekurangan cairan, urin menjadi lebih pekat dan mengandung lebih banyak zat terlarut, termasuk protein, yang bisa menyebabkan urin berbusa.

2. Proteinuria

Proteinuria adalah kondisi di mana terdapat protein dalam urin dalam jumlah yang abnormal. Ini bisa menjadi tanda adanya masalah ginjal, seperti glomerulonefritis atau sindrom nefrotik.

Ketika ginjal tidak dapat menyaring protein dengan baik, protein akan masuk ke dalam urine dan menyebabkan urine berbusa.

3. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan urine berbusa. Bakteri yang menyebabkan infeksi dapat menghasilkan gas yang bercampur dengan urine dan menciptakan busa.

4. Gangguan ginjal

Masalah ginjal, seperti penyakit ginjal kronis atau kerusakan ginjal akibat diabetes, dapat menyebabkan kencing berbusa.

Baca Juga: 7 Penyebab Sering Kencing Setelah Minum Air Putih, Waspadai Jika Alami Ini