Find Us On Social Media :

Manfaat Minyak Sereh untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Membuatnya

Manfaat minyak sereh dan cara membuatnya

GridHealth.id - Minyak sereh atau dikenal juga sebagai minyak serai merupakan salah satu minyak esensial yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan.

Minyak ini diekstrak dari daun dan batang tanaman sereh (Cymbopogon), yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional dan aromaterapi.

Artikel ini akan membahas berbagai manfaat minyak sereh dan cara membuatnya sendiri di rumah.

Manfaat Minyak Sereh

1. Mengusir Serangga

Minyak sereh sangat efektif dalam mengusir serangga seperti nyamuk, lalat, dan kutu. Kandungan sitronelal dan geraniol dalam minyak sereh merupakan zat yang tidak disukai serangga.

2. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Aromaterapi dengan minyak sereh dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Aromanya yang menyegarkan dapat menenangkan pikiran dan tubuh.

3. Mengatasi Nyeri dan Peradangan

Minyak sereh memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik yang dapat membantu mengurangi nyeri otot dan sendi. Pijat dengan minyak sereh dapat memberikan efek relaksasi dan mengurangi rasa sakit.

4. Mengobati Infeksi Kulit

Sifat antibakteri dan antijamur pada minyak sereh membuatnya efektif dalam mengobati berbagai infeksi kulit, seperti jamur kaki dan jerawat.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Minyak sereh dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti perut kembung, kram, dan diare. Sifat karminatifnya membantu mengurangi gas dalam perut.

6. Menurunkan Demam

Efek pendingin dari minyak sereh dapat membantu menurunkan demam. Ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi gejala demam.

7. Mengatasi Bau Badan

Kandungan antibakteri dalam minyak sereh dapat membantu menghilangkan bau badan. Minyak sereh dapat digunakan sebagai deodoran alami yang efektif.

Cara Membuat Minyak Sereh

Membuat minyak sereh sendiri di rumah cukup mudah dan hanya memerlukan beberapa bahan dan alat sederhana. Berikut langkah-langkahnya:

Baca Juga: 20 Manfaat Tanaman Sereh yang Tak Diduga, Bisa Kendalikan Diabetes