Find Us On Social Media :

Tak Disangka Sebagus Ini Manfaat Ketan Hitam untuk Diabetes, Coba Konsumsi secara Rutin

Manfaat ketan hitam untuk diabetes

GridHEALTH.idKetan hitam adalah salah satu jenis beras yang memiliki kandungan nutrisi tinggi.

Selain bagus untuk kesehatan, ketan hitam juga ternyata banyak dipilih sebagai alternatif sehat untuk orang dengan diabetes.

Wah, memangnya apa saja ya manfaat ketan hitam untuk diabetes? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Manfaat ketan hitam untuk diabetes

Melansir dari berbagai sumber, ini adalah beberapa manfaat ketan hitam yang dapat membantu dalam pengendalian gula darah:

1. Rendah glikemik

Ketan hitam memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih biasa. Indeks glikemik yang rendah berarti makanan ini tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam setelah dikonsumsi, sehingga lebih aman untuk penderita diabetes.

2. Kaya serat

Serat yang terkandung dalam ketan hitam membantu mengontrol kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan glukosa dalam darah.

Serat juga membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi risiko komplikasi diabetes seperti penyakit jantung dan gangguan pencernaan.

3. Kandungan antioksidan

Ketan hitam mengandung antioksidan seperti anthocyanin, yang memberikan warna gelap pada berasnya.

Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi risiko peradangan serta kerusakan sel yang dapat memengaruhi kesehatan penderita diabetes.

4. Sumber karbohidrat yang sehat

Meskipun mengandung karbohidrat, ketan hitam mengandung jenis karbohidrat kompleks yang lebih baik untuk pengendalian gula darah daripada karbohidrat sederhana.

Karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat, memberikan energi secara bertahap, dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

Baca Juga: 8 Makanan yang Tidak Meningkatkan Gula Darah, Aman Dikonsumsi Rutin!