Find Us On Social Media :

Jangan Konsumsi Berlebihan! Ini 4 Efek Samping yang Bakal Terjadi Kalau Makan Ayam Setiap Hari

Efek samping makan ayam setiap hari

 

GridHEALTH.id – Ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang paling populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia.

Selain rasanya yang lezat, ayam juga dikenal sebagai sumber protein yang rendah lemak, sehingga sering dianggap sebagai pilihan yang sehat untuk diet.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa makan ayam setiap hari ternyata memiliki beberapa efek samping yang perlu diperhatikan.

Wah, apa saja ya efek sampingnya? Yuk, simak!

Efek samping makan ayam setiap hari

Melansir dari berbagai sumber, ini adalah beberapa efek samping makan ayam setiap hari.

1. Risiko konsumsi lemak jenuh dan kolesterol

Meskipun ayam adalah sumber protein yang rendah lemak, beberapa bagian ayam, seperti kulit dan paha, mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi.

Konsumsi lemak jenuh secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang berisiko menyebabkan penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

Jika Anda mengonsumsi ayam setiap hari, terutama bagian-bagian yang berlemak, ada baiknya untuk mempertimbangkan mengurangi asupan lemak jenuh dengan cara menghindari kulit dan memilih bagian daging yang lebih rendah lemak seperti dada ayam.

2. Risiko terpapar bahan kimia dan antibiotik

Ayam yang dibesarkan secara komersial sering kali diberikan antibiotik dan bahan kimia untuk mencegah penyakit dan mempercepat pertumbuhan.

Mengonsumsi ayam setiap hari dapat meningkatkan risiko paparan residu antibiotik ini, yang dapat menyebabkan resistensi antibiotik dalam tubuh manusia.

Resistensi antibiotik merupakan masalah kesehatan global yang serius karena membuat pengobatan infeksi menjadi lebih sulit.

Baca Juga: Gizi Lengkap Keluarga Sehat Penting untuk MPASI, Mana yang Lebih Baik antara Telur Ayam vs Telur Puyuh?