Find Us On Social Media :

6 Tips Aman Minum Susu untuk Penderita Asam Lambung, Hindari Konsumsi yang Seperti Ini

Tips aman minum susu untuk penderita asam lambung

GridHEALTH.id – Bagi penderita asam lambung, memilih makanan dan minuman yang tepat sangat penting untuk mencegah kambuhnya gejala seperti nyeri ulu hati, perut kembung, dan rasa terbakar di dada.

Salah satu minuman yang sering menjadi pertanyaan adalah susu.

Banyak yang bertanya-tanya, apakah penderita asam lambung aman untuk minum susu? Jawabannya adalah boleh-boleh saja, tapi dengan beberapa pertimbangan khusus.

Apa saja yang harus diperhatikan? Berikut beberapa tips aman meminumnya.

Tips aman minum susu untuk penderita asam lambung

Melansir dari berbagai sumber, ini adalah beberapa tips aman minum susu bagi penderita asam lambung.

1. Pilih jenis susu rendah lemak

Susu tinggi lemak, seperti susu full cream, dapat memperburuk gejala asam lambung.

Lemak yang tinggi dalam susu dapat memperlambat pencernaan dan meningkatkan produksi asam di lambung, yang dapat memicu refluks asam.

Sebagai alternatif, pilihlah susu rendah lemak atau susu skim yang lebih aman bagi lambung. Susu jenis ini lebih mudah dicerna dan tidak menyebabkan peningkatan produksi asam secara signifikan.

2. Minum susu dalam porsi kecil

Untuk penderita asam lambung, minum susu dalam jumlah yang banyak sekaligus bisa memicu gejala refluks. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi susu dalam porsi kecil.

Minum susu dalam jumlah kecil, tetapi lebih sering, dapat membantu mencegah terjadinya tekanan berlebih di lambung, sehingga risiko asam lambung naik ke kerongkongan bisa diminimalkan.

3. Konsumsi susu pada waktu yang tepat

Waktu minum susu juga berperan penting dalam mengelola gejala asam lambung. Sebaiknya hindari minum susu sesaat sebelum tidur, karena posisi tubuh yang berbaring dapat memperburuk refluks asam.

Baca Juga: Apa Penyebab Asam Lambung Naik Padahal Sudah Makan? Ini Penjelasannya