Find Us On Social Media :

Benarkah Sering Mengantuk di Pagi Hari karena Gejala Penyakit Berbahaya?

Penyebab sering mengantuk pada pagi hari

GridHealth.id - Mengantuk di pagi hari adalah kondisi yang umum terjadi pada banyak orang, terutama ketika mereka merasa tidak mendapatkan tidur yang cukup atau berkualitas pada malam sebelumnya.

Namun, jika rasa kantuk ini terjadi secara terus-menerus dan mengganggu aktivitas, hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah yang lebih serius pada kesehatan.

Artikel ini akan membahas penyebab umum mengantuk di pagi hari serta apakah kondisi ini berbahaya bagi tubuh.

Penyebab Sering Mengantuk di Pagi Hari

1. Kurang Tidur

Penyebab paling umum mengantuk di pagi hari adalah kurang tidur.

Idealnya, orang dewasa membutuhkan 7-9 jam tidur berkualitas setiap malam.

Jika kurang dari itu, tubuh tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk memulihkan energi dan fungsi tubuh secara optimal, sehingga menyebabkan rasa kantuk di pagi hari.

2. Gangguan Tidur

Gangguan tidur seperti insomnia, sleep apnea, atau sindrom kaki gelisah dapat menyebabkan tidur malam menjadi tidak nyenyak.

Sleep apnea, misalnya, menyebabkan pernapasan berhenti sementara saat tidur, yang mengakibatkan seseorang sering terbangun dan tidak mendapatkan tidur yang berkualitas.

Hal ini bisa membuat seseorang merasa sangat lelah dan mengantuk di pagi hari.

3. Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi kafein berlebihan, pola makan yang buruk, dan kurangnya aktivitas fisik, dapat mempengaruhi kualitas tidur.

Kafein, terutama jika dikonsumsi di sore atau malam hari, bisa membuat seseorang sulit tidur di malam hari dan menyebabkan kantuk di pagi hari.

Baca Juga: Benarkah Sering Mengantuk di Pagi Hari Merupakan Gejala Diabetes?