Find Us On Social Media :

Penerapan Imunisasi dan Skrining, Upaya Promotif dan Preventif Kesehatan Kemenkes

Penanganan stunting di Posyandu, dilakukan dengan memantau perkembangan anak.

GridHEALTH.id - Sektor kesehatan Indonesia saat ini berfokus pada upaya promotif dan preventif untuk menjaga kesehatan masyarakat.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menekankan bahwa strategi ini merupakan bagian dari transformasi layanan kesehatan primer, yang merupakan pilar pertama dalam transformasi kesehatan Indonesia.

Transformasi ini bertujuan untuk memperkuat kegiatan promotif dan preventif, meningkatkan skrining kesehatan, serta memperluas kapasitas layanan kesehatan primer.

Fokus utama dari upaya ini adalah menjaga masyarakat tetap sehat melalui layanan di puskesmas, posyandu, bidan, perawat, dan dokter.

Sementara itu, penanganan pasien yang sakit dilakukan di rumah sakit, mulai dari pengadaan obat-obatan hingga alat kesehatan yang lengkap.

Menkes Budi juga mengungkapkan bahwa pemerintah telah melakukan revitalisasi besar-besaran pada jaringan pelayanan kesehatan primer, termasuk 10.000 puskesmas, 85.000 puskesmas pembantu, dan 300.000 posyandu untuk mendukung upaya promotif dan preventif ini.

“Revitalisasinya nomor satu, kami revitalisasi layanan kesehatan, karena masing-masing puskesmas sebelumnya beda-beda pelayanannya. Kami akhirnya standardisasikan pelayanannya. Yang kedua, layanan kesehatan tidak hanya fokus kepada ibu hamil dan balita,” lanjut Menkes Budi.

“Pada program revitalisasi, layanan kesehatan promotif dan preventif ditujukan, mulai dari ibu hamil, balita, anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia. Itu yang kami revitalisasi. Yang ketiga, semua (data) digitalisasikan. Jadi, program revitalisasi ini sudah dilakukan dengan sangat masif.”

Pentingnya Imunisasi

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menekankan pentingnya peran puskesmas dalam upaya promotif dan preventif sebagai bagian dari standardisasi layanan kesehatan.

Salah satu implementasi upaya preventif di puskesmas adalah melalui imunisasi dan skrining.

Baca Juga: Melihat Hubungan Antara Teknologi Starlink Elon Musk dan Kesehatan Indonesia