Find Us On Social Media :

Bukan karena Debu Saja! Inilah 10 Penyebab Infeksi Paru-paru

Penyebab Infeksi Paru-paru Selain Debu

GridHEALTH.id - Infeksi paru-paru atau pneumonia dapat disebabkan oleh berbagai faktor selain debu.

Infeksi ini terjadi ketika organisme berbahaya, seperti bakteri, virus, jamur, atau zat berbahaya lainnya, masuk ke dalam paru-paru dan menyebabkan peradangan.

Berikut adalah beberapa penyebab infeksi paru-paru yang umum selain paparan debu.

Penyebab Infeksi Paru-paru Selain Debu

1. Infeksi Bakteri

Bakteri adalah salah satu penyebab utama infeksi paru-paru.

Bakteri Streptococcus pneumoniae adalah penyebab pneumonia bakteri yang paling umum.

Bakteri lain yang sering menimbulkan infeksi paru-paru termasuk Haemophilus influenzae, Staphylococcus aureus, dan Klebsiella pneumoniae.

Infeksi ini sering terjadi ketika bakteri masuk ke paru-paru melalui saluran napas yang terinfeksi atau dari bagian tubuh lain melalui aliran darah.

Bakteri pneumonia lebih sering menyerang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti anak-anak, lansia, atau orang dengan penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

2. Infeksi Virus

Virus juga merupakan penyebab umum infeksi paru-paru. Virus seperti virus flu (influenza), respiratory syncytial virus (RSV), virus corona (seperti SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19), dan rhinovirus bisa menyebabkan infeksi pernapasan bawah yang serius, termasuk pneumonia.

Pada banyak kasus, infeksi virus lebih umum terjadi pada anak-anak dan biasanya ringan, tetapi bisa menjadi lebih serius pada orang tua atau mereka yang memiliki masalah kesehatan yang mendasarinya.

Infeksi virus seringkali lebih sulit diobati dibandingkan infeksi bakteri karena antibiotik tidak efektif melawan virus.

Baca Juga: Fit di Usia Senja, Bagaimana Paus Fransiskus Bisa Hidup dengan 1 Paru-Paru?