Find Us On Social Media :

Sakit Pinggang Banyak Disebabkan Salah Duduk dan Terlalu Lama Duduk

Sakit pinggang jangan dianggap enteng, ini adalah masalah serius.

GridHEALTH.id – Nyeri pinggang banyak dikeluhkan kaum milenial sekarang ini.

Penyebabnya banyak, salah satunya adalah terlalu lama duduk dan posisi duduk yang salah.

Seperti yang dipaparkan researchgate.net, berdasarkan The Global Burden of Disease 2010 (GBD 2010) dari 291 penyakit yang diteliti nyeri pinggang bawah merupakan penyumbang terbesar kecacatan global.

Baca Juga : 11 Tips Atasi Sakit Pinggang, Berlaku Untuk Wanita juga Pria Milenial

Sakit pinggang atau nyeri pinggang bawah bisa disebabkan oleh salah dalam posisi duduk. Padahal kita sadar betul setiap hari kita lebih banyak duduk dari pada aktivtas yang lain.

Malah jika kita hitung posisi berdiri, berjalan, berlari, pun jongkok, jika dibandingkan dengan posisi duduk, setiap harinya jauh lebih banyak posisi duduk yang kita lakukan. Betul kan?

Sebagian besar waktu yang digunakan di kantor adalah duduk. Di Kendaraan pasti kita selalu duduk, di rumah pun demikian, duduk adalah posisi yang paling banyak dan lama kita lakukan.

Padahal, posisi duduk ini jika dilakukan dalam jangka waktu lama dan dengan posisi statis juga salah, tak hanya sakit pinggang yang akan dialami, tapi juga nyeri leher, bahu, lengan, punggung dan tulang belakang.

Baca Juga : Sakit Pinggang Pada Wanita Bisa Karena Kehamilan Juga Pramenopouse

Kenapa bisa begitu? Karena pada sikap kerja statis terjadi kontraksi otot yang kuat dan lama tanpa cukup kesempatan pemulihan.

Selain aliran darah ke otot pun terhambat. Akibatnya, timbul rasa lelah dan nyeri pada otot tubuh.

Yang paling sering dialami adalah rasa sakit, pegal pada bagian belakang tubuh hingga leher.