Find Us On Social Media :

Pendidikan Dasar di Jepang Pentingkan Jam Istirahat di Sekolah, Ini Dampaknya Buat Kesehatan Anak

Jepang memberlakukan jam istirahat setiap 60 menit yang manfaatnya sangat dirasakan murid.

GridHEALTH.id - Setiap siswa yang bersekolah, mendapat hak jam istirahat di sekolah yang dalam bahasa Inggris disebut dengan school recess atau school break.

Baca Juga : Pantas Disiplin, Ternyata Anak-anak Jepang Tak Boleh Masuk Sekolah Kalau Belum Kuasai Hal Ini

Ini merupakan istilah umum untuk menyebut periode waktu tertentu di mana para siswa berhenti sejenak dari tugas-tugasnya.

Pengadaan jam istirahat seperti ini dicetuskan pertama kali oleh Amos Bronson Alcott, seorang pendidik berkebangsaan Amerika kelahiran tahun 1799, yang menginginkan para muridnya memiliki waktu untuk permainan fisik yang aktif dan waktu untuk mengobrol.

Di samping membuat siswa rileks dari jam belajar, sebenarnya ada juga banyak pelajaran hidup yang dipelajari di tempat bermain saat jam istirahat di sekolah

Dalam sebuah pernyataan, The American Academy of Pediatrics mengatakan, “Jam istirahat merupakan hal penting karena memberi waktu untuk beristirahat, bermain, berimajinasi. berpikir, bergerak dan bersosialisasi. 

Poin yang lebih penting, AAP mengatakan, siswa lebih perhatian dan lebih baik kognitifnya setelah reses.”

Asal tahu saja, di Jepang, banyak sekolah mengharuskan siswanya untuk mengambil istirahat setelah setiap 60 menit pelajaran.

Dalam peringkat “Learning Curve” pendidikan global tahun ini, Jepang adalah yang kedua. Mungkin jam stirahat di sekolah bukan satu-satunya rahasia sukses Jepang, tapi bukannya tidak masuk akal untuk menyarankan bahwa “istirahat yang sering” layak mendapat tempat penting.

Baca Juga : Dibalik Alasan Mengapa 5 Masakan Ini Tak Boleh Dipanaskan Kembali

Jam istirahat merupakan bagian penting dalam keberhasilan pendidikan anak di sekolah. Waktu istirahat yang cukup akan membantu mereka lebih sukses saat mereka kembali ke dalam kelas.