Find Us On Social Media :

Wanita Jangan Takut Latihan Beban, Bisa Turunkan Risiko Kanker Usus

Wanita dianjurkan melakukan latihan beban yang punya banyak keuntungan.

GridHEALTH.idLatihan beban atau angkat beban (weight lifting) adalah istilah umum jenis pelatihan daya tahan yang digunakan untuk menggambarkan metode pengangkatan beban berat.

Baca Juga : Latihan Angkat Kaki Untuk Otot, Ternyata Bisa Cepat Bakar Kalori dan Ada Efek Mengejutkan Lainnya!

Banyak wanita masih ragu akan manfaat dari latihan beban. Hal tersebut didasari oleh mitos bahwa wanita yang mengikuti latihan angkat berat akan memiliki otot-otot besar seperti pria.

Untuk diketahui, peningkatan otot pada wanita hanya akan menonjolkan penampilan feminin mereka. Wanita tidak akan memiliki otot seperti pria.

Wanita tidak akan menjadi maskulin jika mereka melakukan latihan beban karena wanita tidak memiliki hormon yang dapat membentuk otot-otot seperti yang ada pada pria, kecuali jika wanita tersebut diberi penguat hormon seperti steroid anabolik.

Sebaliknya, mengangkat beban sebagai olahraga merupakan salah satu hal yang memiliki dampak positif bagi tubuh.

Hal ini bisa membantu memperkuat tulang, meningkatkan pengendalian gula darah, mencegah penyakit jantung,  memerangi osteoporosis, serta membantu mengendalikan lemak di perut.

Baca Juga : Menggunakan Pemutih Gigi Masih Dianggap Berisiko Bagi Kesehatan Gigi

Sebuah penelitian terbaru mengungkap manfaat lain yang dimiliki olahraga latihan beban ini. Dilansir dari Prevention.com, sebuah penelitian mengungkap bahwa angkat beban dapat menurunkan risiko terjadinya kanker usus besar.

Penelitian ini sendiri telah dipublikasikan pada jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise.