Find Us On Social Media :

Sedang Tren Minuman Protein Shake Untuk Pembentuk Otot, Keseringan Berdampak Pada Kematian Dini

Tak jarang, suplemen pembentuk otot dikonsumsi berlebihan karena ingin lebih cepat mencapai target.

GridHEALTH.id - Sekarang ini banyak beredar minuman suplemen berupa bubuk protein (protein shake).

Biasanya mereka yang mengonsumsi adalah yang sedang menjalani program pembentukan badan, yang tujuannya untuk mendukung massa otot.

Baca Juga : Alami Keguguran Berulang Saat Hamil, Ternyata Protein Ini Penyebabnya

Perlu diketahui, pada umumnya susu protein bisa berasal dari whey, kedelai, dan protein kasein. Ketiga bahan tersebut mengandung asam amino esensial (BCAA) yang dibutuhkan tubuh untuk menstabilkan tekanan darah, memperlancar metabolisme tubuh, hingga membantu membuat protein lainnya.

Selain itu, susu protein tinggi juga memiliki banyak manfaat seperti penyerapan yang perlahan sehingga tubuh tidak kelaparan dan mudah diubah jadi energi. Dengan kelebihan ini banyak orang memanfaatkan susu protein sebagai pendamping dietnya

Masalahnya, tak jarang, suplemen pembentuk otot tersebut dikonsumsi berlebihan karena ingin lebih cepat mencapai target.

Segera setop kebiasaan tersebut karena penelitian terbaru mengungkap bahaya dari protein shake yang berlebihan, yakni justru meningkatkan risiko kegemukan dan kematian dini.

Baca Juga : Khusus Pelupa: Saran Ahli dari Jepang, Trik Mengingat Berbasis Menggambar

Riset dilakukan oleh peneliti dari University of Sydney's Charles Perkins Centre untuk meyelidiki dampak asam amino BCAA terhadap tubuh.