Find Us On Social Media :

Penderita Diabetes Wajib Pantau Kakinya, Awas Risiko Diabetic Foot

Penderita penyakit diabetes wajib rutin memantau kakinya demi menghindari diabetic foot.

GridHEALTH.id - Penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang tinggi dan cenderung sulit terkontrol. Kelebihan kadar glukosa dalam darah adalah penyebab berbagai penyakit. Kondisi ini dapat menyebabkan inflamasi dan penyumbatan di dalam pembuluh darah hingga akhirnya menimbulkan komplikasi karena darah tidak dapat mengalir dengan baik.

Baca Juga: Berikut Ini Tips Merawat Kesehatan Kaki Bagi Penderita Diabetes

Penyakit diabetes biasanya menyebabkan masalah pada aliran darah seseorang. Pada umumnya, masalah ini bakal menyerang bagian kaki seseorang terlebih dahulu.

Lantas mengapa biasanya hal ini tampak dari kaki terlebih dahulu?

"Diabetes adalah penyakit dalam darah. Darah mengitar ke seluruh bagian tubuh kita. Otak, mata, semua bisa," ungkap spesialis penyakit dalam, dr. Bhanu, SpPD seperti dikutip dari Kompas Health.

Dokter yang juga berpraktik di Rumah Sakit Bhakti Mulia,  menyebutkan bahwa kaki memiliki gang yang paling kecil, memudahkan diabetes untuk menyerang.

"Diabetes menyebabkan darah bersifat kental. Yang tadinya darah bisa ke gang kecil, karena terlalu kental tidak bisa sampai. Kaki terletak jauh dari jantung dan gang-gangnya adalah yang paling kecil." ucapnya.

Dampaknya adalah kerusakan organ dalam bahkan anggota gerak, atau sering disebut dengan diabetic foot.

Baca Juga: Obat Untuk Cacar Monyet Belum Ada, Kabar Baiknya Risiko Kematian Kecil

Diabetic foot dapat diartikan sebagai berbagai macam komplikasi pada kaki yang ditemukan pada penderita diabetes.