Find Us On Social Media :

Terungkap Lagi Manfaat Puasa, Ternyata Mampu Atasi Jetlag !

Metode puasa ternyata cukup ampuh untuk mengatasi jet lag secara alami.

GridHEALTH.id – Sudah banyak dituliskan tentang manfaat dan keutamaan puasa. Ternyata sangat banyak, dan baru-baru ini ada penelitian yang mengatakan, puasa ternyata bisa menghindarkan traveler (pewisata) dari rasa tidak nyaman pada tubuh ketika terbang jauh melewati zona waktu alias jet lag.

Baca Juga: Tips Ampuh Mengatasi Jet Lag Dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Menurut tim peneliti dari Harvard and Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, metode puasa ternyata cukup ampuh untuk mengatasi jet lag secara alami.

Ketua Tim Peneliti, Dr. Clifford Saper menyebut puasa akan membantu jam biologis tubuh untuk mereset kembali sesuai dengan kondisi dan zona waktu dimana pewisata berada. Cara ini lebih ampuh daripada secara perlahan menyetel jam tidur sebelum berpergian.

"Karena jam biologis tubuh hanya bisa bergeser sedikit setiap harinya, butuh waktu sekitar seminggu untuk seseorang bisa menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru," kata Dr Clifford.

Baca Juga: Sedang Musim Jambu Biji, Diburu Karena Bikin Kulit Wajah Jadi Kencang

Dengan puasa, rasa lapar yang pewisata rasakan bisa memicu reaksi internal yang akan membuat tubuh menyesuaikan jam biologis baru. Dr Clifford pun membeberkan cara berpuasa yang baik untuk menghindari jet lag.