Find Us On Social Media :

Tidur Cukup di Masa Muda Ternyata Mampu Mencegah Pikun di Hari Tua

Kualita tidur di masa muda menentukan memori ingatan di hari tua.

GridHEALTH.id - Dengan semakin bertambahnya usia, tak dapat dipungkiri banyak hal yang berubah dari kita.

Yang paling jelas, selain fisik, ingatan bakal semakin memudar dan menghilang, untuk kemudian menjadi pikun.

Baca Juga: Tidur Sehat Tanpa AC Tapi Tidak Kegerahan, Begini Caranya

Hal ini rupanya bisa diatasi dan dihindari sedari dini dengan cara yang sederhana. Dilansir dari The Health Site, diketahui bahwa tidur dalam jumlah yang cukup setiap malam serta selalu ceria setiap hari dapat membantu ingatan tetap tajam bahkan setelah tua.

Penelitian tersebut juga menyebutkan, kualitas tidur yang buruk dan perasaan depresi berhubungan dengan menurunnya ingatan seseorang terhadap masa lalu.

Hasil temuan ini dipublikasikan pada jurnal International Neuropsychological Society. Peneliti menemukan hubungan yang sangat kuat antara memori kerja terhadap tiga faktor yang berhubungan dengan kesehatan seperti tidur, usia, dan mood depresi.

Memori kerja merupakan bagian dari memori jangka singkat yang disimpan untuk sementara. Bagian ini juga mengatur informasi yang dibutuhkan untuk tugas kognitif seperti belajar, bernalar, dan memahami.

Baca Juga: Bokongnya Jadi Hitam dan Melorot Akibat Suntikan Filler, Selebgram Ini Peringatkan Follower Jangan Tiru

Memori kerja memiliki hubungan penting pada banyak fungsi kognitif tingkat tinggi termasuk kecerdasan, pemecahan masalah secara kreatif, bahasa, dan perencanaan tindakan.

Hal ini memainkan peran penting pada bagaimana kita memproses, menggunakan, atau mengingat informasi.