Find Us On Social Media :

Solusi Program Imunisasi di Negara Kepulauan dan Pegunungan, Menggunakan Drone Untuk Distribusi Cepat dan Aman

Solisi distribusi vaksin di negara kepulauan dan pegunungan, seperti di Indonesia.

GridHEALTH.idIndonesia adalah Negara kepulauan dan pegunungan.

Menurut ada berpenghuni di Indonesia, hal tersebut sebuah masalah tersendiri bagi distribusi vaksin.

Baca Juga: Barbie Kumalasari dan Galih Ginanjar Dituding Sebagai Pasangan Tukang Bohong, Awas, Sering Berbohong Mudah Datangkan Penyakit!

Belum lagi ribuaan bahkan jutaan masyarakat Indonesia tinggal di wilayah pegunungan, sehingga masalah ditribusi vaksin kembali menjadi momok bagi suksesnya program imunisasi pemerintah.

Karenanya, program imunisasi di Indonesia dalam lima tahun terakhir tidak mengalami perkembangan yang signifikan.

Hasil Riset Kesehatan Dasar 2018 Kementerian Kesehatan RI menunjukkan cakupan status imunisasi dasar lengkap (IDL) pada anak usia 12-23 bulan menurun dari 59,2% (2013) menjadi 57,9% (2018).

Baca Juga: Waduh Raffi Ahamd, Tidak Hanya Mengalami Luka dan Benjolan di Pita Suaranya, Dirinya Mengalami Pembengkakan Di Leher Juga

Angka ini menunjukkan bahwa dari sekitar 6 juta anak berusia 12-23 bulan, sekitar 3,5 juta anak belum mendapatkan imunisasi lengkap.

Kondisi ini jumlahnya hampir setara dengan separuh jumlah penduduk Singapura.

Lebih miris lagi, angka cakupan imunisasi dasar lengkap anak di pedesaan lebih rendah (53,8%) dibandingkan anak-anak di perkotaan (61,5%).

Kenapa masalah ini sampai ada? Salah satu momoknya adalah masalah distribusi vaksin.

Baca Juga: Syahnaz Adik Raffi Ahmad Makan Mi Lidi 8 Bungkus Sehari, Padahal Dia Sedang Hamil, Ini Bahayanya Bagi Ibu Hamil dan Janin