Find Us On Social Media :

Kadar Vitamin D Dalam Tubuh Wajib Ditinggikan, Alasannya Bisa Usir Kanker

Selain dari sinar matahari, sumber vitamin D juga bisa diperoleh dari ikan berlemak, contohnya ikan salmon.

GridHEALTH.id - Penyakit kanker dan tumor, diakui masih merupakan penyakit pembunuh papan atas di Indonesia.

Baca Juga: Menghangatkan Makanan di Microwave Bisa Sebabkan Kanker? Ini Faktanya

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar  (Riskesdas) 2008, tumor/kanker merupakan penyebab kematian no. 7 di Indonesia dengan presentasi 5,7%.  Data Riskesdas 2008 juga menunjukkan, prevalensi tumor/kanker di  Indonesia adalah 4,3 per  1000 penduduk.

Penyakit kanker masih menjadi momok banyak orang karena sulit disembuhkan. Namun, kini ada kabar baik. Ternyata, kadar vitamin D yang tinggi bisa menurunkan risiko seseorang terkena kanker.

Sebuah penelitian dari Jepang yang diterbitkan dalam BMJ menyebut, vitamin yang berasal dari paparan sinar matahari ini dipercaya dapat menurunkan risiko kanker.

Dilansir dari Natural News, Senin (16/4/2018), para peneliti menggunakan data peserta sebanyak 33.736 orang dengan rentang umur 40 hingga 69 tahun dari Pusat Kesehatan Masyarakat Jepang.

Penelitian diawali dengan melakukan pendataan riwayat medis, pola makan, dan gaya hidup. Peneliti pun mengambil sampel darah guna mengukur kadar vitamin D.

Baca Juga: Ini Jawabannya, Mengapa Kelebihan Karbohidrat Bisa Bikin Cepat Gemuk

Setelah mempertimbangkan faktor risiko kanker, seperti usia, berat badan, tingkat aktivitas fisik, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol dan diet, peneliti menemukan peserta dengan tingkat vitamin D yang tinggi, risiko terkena hampir semua jenis kanker menurun 20 hingga 25%.