Find Us On Social Media :

Studi: Minum Kopi di Malam Hari Tak Pengaruhi Kualitas Tidur

Minum kopi sebelum tidur di malam hari tidak berdampak pada kualitas tidur.

GridHEALTH.id - Minum kopi atau teh, dua minuman yang mengandung kafein sebelum tidur di malam hari ternyata tidak berdampak pada tidur.

Baca Juga: Kasihan Banget, Hasil Survei Menyatakan Milenial Asia Paling Sedikit Jam Tidurnya Akibat Tuntutan Sosial dan Persaingan Kerja!

Bertentangan dengan kepercayaan umum bahwa konsumsi kafein sebelum tidur membuat lebih sulit untuk tertidur atau memengaruhi kualitas tidur secara negatif, sebuah studi baru-baru ini yang dimuat di sleepfoundation.org mematahkan hal tersebut.

Dalam ruang lingkup penelitian, yang dilakukan oleh sekelompok sarjana dari Florida Atlantic University dan Harvard Medical School di Amerika Serikat, para peneliti memantau sekitar 785 orang selama 5.164 hari dan malam dan mencatat asupan kafein, alkohol, dan nikotin.

Faktor-faktor seperti durasi tidur peserta, efisiensi tidur dan seberapa cepat orang bangun setelah tertidur juga dicatat melalui sensor pergelangan tangan yang kemudian dianalisis oleh tim peneliti.

Baca Juga: Secangkir Kopi di Jakarta Lebih Mahal dari Roma dan Milan, Padahal Banyak Sekali Manfaat Kopi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  nikotin dan alkohol memiliki dampak negatif pada tidur karena satu batang rokok sebelum tidur mengambil 42 menit dari total durasi tidur untuk penderita insomnia.