Find Us On Social Media :

Orang Dewasa Diminta Tidur 8 Jam Setiap Hari, Ternyata Ini Alasannya

Tidur 8 jam sangat disarankan untuk mendapatkan kesehatan yang bermanfaat.

GridHEALTH.id - Berdasarkan data dari National Health Service (NHS) di Inggris, kebiasaan tidur yang buruk akan membuat kita rentan mengalami masalah jantung, diabetes dan membuat umur kita lebih pendek.

Baca Juga: Studi: Wanita Membutuhkan Waktu Tidur Lebih Lama Dibanding Pria

Para ahli juga mengamati, sebagian besar orang membutuhkan waktu 8 jam untuk tidur sehat dan ada juga sebagian yang hanya memiliki waktu tidur kurang dari 8 jam atau mungkin lebih dari 8 jam.

"Ada gejala umum yang bisa diamati, yaitu apabila Anda merasa lelah setelah bangun tidur dan mencoba mencari waktu untuk tidur siang, maka ini berarti Anda kurang tidur," kata para peneliti.

Sementara itu, penelitian yang dipublikasikan bulan lalu menjelaskan bahwa tidur lama di akhir pekan ternyata dapat membantu kita terhindar dari risiko kurang tidur.

Sementara itu, sebuah penelitian juga mengungkapkan, tidur kurang dari 5 jam dalam sehari selama seminggu berturut-turut akan mengancam jiwa.

Tingkat mortalitasnya 52% lebih tinggi daripada mereka yang memiliki waktu tidur malam selama 6 atau 7 jam.

Namun demikian, tidur selama 8 jam setiap hari tetap direkomendasikan karena mendatangkan banyak manfaat sehat. Berikut 12 manfaatnya seperti dikutip dari National Health Service (NHS);

Baca Juga: Ternyata Cokelat Kaya Magnesium yang Bisa Turunkan Risiko Diabetes, Ini Makanan Lainnya

1. Membuat lebih bahagia

Kualitas tidur yang buruk ternyata bisa memengaruhi kebahagiaan seseorang. Sebaliknya, saat kita tidur dengan nyenyak maka suasana hati akan membaik.