Find Us On Social Media :

Begini Cara Mudah dan Cerdas untuk Mengatasi Gigi Sensitif

Rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk mendeteksi berbagai gangguan gigi termasuk gigi sensitif.

GridHEALTH.id - Gigi yang sensitif bisa diakibatkan oleh berbagai hal. Mulai teknik menyikat gigi yang tidak tepat, hingga gigi yang retak atau konsumsi makanan dan minuman yang asam.

Tidak peduli penyebabnya, satu hal yang pasti, gigi sensitif menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Satu menit kita menikmati es krim atau teh panas, dan selanjutnya kita meringis ketika rasa sakit tiba-tiba menembus gigi.

Berita baiknya adalah kebanyakan kasus gigi sensitif dapat diobati. Jika ingin mengobatinya, lakukan lima strategi berikut ini;

Baca Juga: Gigi Ngilu, Kenapa Bisa Bikin Meradang dan Pusing, Ini Dia Alasannya

1. Lakukan kebersihan mulut yang baik

Selain mempromosikan gigi dan gusi yang lebih sehat, kebersihan mulut yang baik dapat membantu melindungi gigi dari sensitivitas dengan menjaga enamel gigi dan menawarkan perlindungan terhadap resesi gusi.

Jenis produk yang digunakan sebagai bagian dari rutinitas kebersihan mulut juga dapat memengaruhi kesehatan enamel. Untuk hasil terbaik, ambil langkah-langkah berikut:

- Sikat gigi dengan lembut dua kali sehari dan penggunaan benang gigi (dental floss) setidaknya sehari sekali.

- Gunakan sikat berbulu halus untuk mengurangi risiko memakai enamel karena sikat kasar sering terlalu keras.

Baca Juga: Tidak Semua Makanan Bisa Dipanaskan di Microwave, Ini Bahayanya

- Hindari pasta gigi pemutih gigi (yang sering memiliki bahan kimia keras yang dapat mengikis enamel gigi) dan memilih pasta gigi berfluoritasi dan desensitisasi.