Find Us On Social Media :

Akar Bajakah Dianggap Obat, Begitu juga Kratom dari Kalimantan, Digolongkan Sebagai Narkoba

Kratom daun yang dielukan sebagai obat ajaib dari Kalimantan

GridHEALTH.id – Belum lama masyarakat Indonesia dihebohkan dengan berita mengenai akar bajakah yang konon kabarnya ampuh mengobati kanker.

Sampai-sampai banyak masyarakat asli Kalimantan yang menjadi pengepul akar bajakah yang tumbuh liar di hutan Kalimantan.

Belum lama, kembali tumbuhan yang telah lama menjadi obat tradisional di Indonesia membuat ramai masyarakat.

Baca Juga: Alami Microsleep Beberapa detik, dokter TNI AD Letkol Iqbal Lahmadi dan Istrinya Tewas Bersamaan

Pasalnya kratom alias (Mitragyna speciosa) yang sudah lama digunakan sebagai tanaman obat di Kalimantan, yang akan dilarang oleh BNN (Badan Narkotika Nasional) karena digolongkan dalam narkoba.

Legalitas kratom saat ini dipertanyakan banyak negara, dan Indonesia lewat Badan Narkotika Nasional sedang memroses kratom menjadi obat-obatan terlarang Golongan I.

Kratom oleh laman duniabebasnarkoba.org disebut sebagai narkoba, memiliki banyak nama, diantara; herbal speedball, biak-biak, ketum, kahuam, ithang atau thom.

Semuanya itu mudah ditemukan di toko-toko kesehatan, toko-toko tembakau, dan secara online sebagai bubuk hijau, dalam kapsul atau sebagai ekstrak atau permen karet.

Baca Juga: Berita Kesehatan Popular: Patahkan Teori Menikah Di Usia Muda, Hingga Apakah Makanan Pedas Dilarang Bagi Penderita Penyakit Jantung?

Dalam laman itupun disebutkan jika kratom mempunyai efek samping, yaitu; mual, gatal, berkeringat, mulut kering, sembelit, kencing meningkat dan kehilangan nafsu makan.