Find Us On Social Media :

Jagung Dinobatkan Jadi Makanan Paling Oke Untuk Penderita Diabetes Oleh WHO!

Badan Kesehatan Dunia menobatkan jagung sebagai makanan paling baik bagi penderita diabetes.

GridHEALTH.id – Mereka yang menderita diabetes, pasti sudah mengenal apa yang disebut dengan indeks glikemik pada setiap makanan.

Baca Juga: Bintang K-Pop Ini Penggemar Boba Tea, Padahal Satu Gelasnya Mengandung Jatah Gula Untuk Seminggu, Risiko Diabetes Mengintai

Indeks glikemik adalah standar pengukuran seberapa cepat karbohidrat dalam makanan diubah menjadi gula (glukosa) untuk dipakai sebagai energi. Ukuran ini berupa skala dari 0-100.

Sebagai contoh, gula pasir memiliki angka indeks glikemik 100. Artinya, karbohidrat dalam gula murni sangat cepat diubah oleh tubuh menjadi energi.

Angka IG juga mempengaruhi seberapa cepat tubuh memproduksi insulin. Semakin rendah nilai IG suatu makanan, maka akan semakin kecil pengaruhnya pada peningkatan insulin dan gula darah.

Makanya orang-orang yang memiliki diabetes sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan IG rendah. Nilai indeks glikemik tinggi biasanya banyak ditemukan pada sumber makanan berkarbohidrat.

Masyarakat Indonesia mempunyai pilihan karbohidrat nasi, kentang, dan jagung. Masalahnya, kita sering bingung, mana yang paling aman untuk dikonsumsi orang dengan diabetes?

Baca Juga: Sudah Diberikan ASI dan Dianggap Sedarah dengan Anak Sarwendah, Betrand Peto Malah Kabur dari Rumah Ruben Onsu, Tak Betah dengan Nasihat?

Ingat, semakin tinggi angka indeks glikemik, semakin tinggi pula kemampuannya untuk meningkatkan kadar gula darah.