Find Us On Social Media :

Demam Menyerang, Kapan Sebaiknya Waktu yang Tepat Ke Dokter?

Bila demam mendekati angka 40 derajat Celcius, terutama bagi anak-anak, segeralah dibawa ke dokter.

GridHEALTH.id - Standard medis mengatakan bahwa seseorang dianggap demam jika temperatur tubuhnya menunjukkan di atas 38°C.

Baca Juga: Demam Bisa Menjadi Penanda Kehamilan, Begini Cara Mendeteksinya

Namun untuk orang yang sangat tua atau bayi yang masih sangat kecil, parameternya dikatakan demam adalah di atas 36° atau 37°C.

Beberapa dokter menggunakan istilah "demam" hanya untuk kenaikan temperatur tubuh yang disebabkan oleh infeksi dan iritasi/peradangan.

Sedangkan beberapa dokter lain mengartikan demam bila ada keadaan temperatur tubuh seseorang yang naik melebihi 38°C karena sebab apapun.

Istilah medis yang lebih ilmiah untuk demam adalah "hyperthermia", tapi jarang sekali digunakan sehingga mulai terlupakan.

Demam atau meningkatnya suhu tubuh kerap membuat tak nyaman. Karena takut semakin parah, banyak orang memilih untuk langsung mengkonsumsi obat penurun panas.

Baca Juga: Sembuh dari Kanker Serviks Stadium 3, Titiek Puspa Malah Berujar Masalah Sisa Umurnya: '10 Hari Lagi, Saya Dalam Antrean Menghadap Tuhan'

Padahal faktanya tidak semua demam merupakan tanda penyakit serius.  Sebab, adakalanya demam terjadi karena menanggapi infeksi seperti virus flu atau infeksi bakteri radang tenggorokan, atau peradangan yang terjadi pada cedera atau karena penyakit.