Find Us On Social Media :

Ternyata Nasi Itu Sehat dan Bermanfaat Bagi Tubuh, Ini Bedanya Masak Nasi Dengan Air Mendidih dan Air Biasa

Nasi bisa bermanfaat bagi kesehatan, ini 5 hal yang mesti diperhatikan saat memasak nasi.

GridHEALTH.id - Masak nasi bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia nampaknya sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan.

Pasalnya nasi bisa dibilang sudah menjadi sumber karbohidrat utama alias makanan pokok mereka.

Menilik dari sisi kesehatan, nasi memang bisa menjadi sumber karbohidrat yang diperlukan tubuh untuk membantu proses pembakaran kalori menjadi energi.

Itulah alasannya mengapa setelah kita mengonsumsi nasi tubuh akan terasa lebih kuat dan berenergi.

Baca Juga: Kesaksian Jenny yang Memutuskan Berhenti Makan Gula dan yang Mengandung Karbohidrat, Dirinya Kembali Menjadi Mahasiswi!

Nasi putih juga memiliki peran besar dalam pembentukan tubuh karena selain protein, tubuh juga memerlukan bantuan karbohidrat dan asam amino yang biasa ditemukan dari nasi putih.

Meski begitu, nasi putih juga bisa menjadi kurang baik bagi kesehatan jika kita tidak bisa mengendalikan porsinya setiap hari alias makan berlebihan.

Diketahui terlalu mengonsumsi nasi berhubungan dengan meningkatnya gula darah yang berisiko memicu penyakit seperti diabetes melitus tipe 2.

Untuk itu penting sekali bagi kita memerhatikan pentingnya asupan makanan dengan gizi yang seimbang alih-alih dengan menghilangkan salah satu atau beberapa asupan makanan, layaknya nasi putih.

Baca Juga: MPASI Instan Disarankan Dokter Karena Gizinya Lengkap Sesuai yang Dibutuhkan Bayi, Jadi Buat Apa Pusing-pusing dan Bersusah Payah Bikin Sendiri

Dilansir dari nutritionfacts.org, umumnya orang dewasa yang sehat dianjurkan menerima asupan karbohidrat sekitar 300-400 gram per hari (.

Bagi mereka yang menjalani diet, asupan karbohidrat dapat dikurangi setengahnya atau menjadi sekitar 150-200 gram per hari. 

Dengan konsumsi nasi putih yang seimbang, kita pun akan tetap sehat dan tetap mendapatkan energi yang cukup setiap hari.

Nah, sebelum mendapatkan manfaat nasi tersebut, tentunya kita harus bisa mengetahui cara memasak nasi yang pas.