Find Us On Social Media :

6 Ciri Asuransi Kesehatan yang Baik, Paling Penting Sangat Mudah Bila Ada Klaim

Salah satu ciri asuransi kesehatan yang baik, memberikan proteksi yang lengkap dan mencakup hal-hal yang kita inginkan.

GridHEALTH.id - Di luar BPJS Kesehatan yang sebagian besar kalangan diwajibkan pemerintah, memiliki asuransi kesehatan tambahan seringkali dirasa memberatkan. Terutama untuk pembayaran preminya.

Baca Juga: Butuh Produk Kesehatan? Sekarang Bisa Beli Secara Online, Mulai dari Obat, Alat Kesehatan, Hingga Asuransi

Padahal memiliki asuransi kesehatan tambahan dianjurkan mengingat banyaknya gangguan kesehatan yang melanda saat ini.

Di luar sana, banyak produk-produk asuransi kesehatan. Bagus belum tentu murah. Sementara yang preminya murah, sedikit mengkhawatirkan terutama dalam urusan klaimnya. 

Lalu, bagaimanakah cara memilih produk yang memberikan benefit, kalau bisa murah sekaligus baik? Berikut 6 ciri asuransi kesehatan yang baik, seperti dikutip dari AXA Indonesia;

Baca Juga: 2 Manfaat Tak Terduga Rutin Buang Air Besar

 

1. Informasinya lengkap dan mudah dimengerti

Seperti yang disebutkan sebelumnya, asuransi kesehatan merupakan komitmen jangka panjang. Maka itu, kita harus mengerti betul apa saja yang ditawarkan dari suatu produk melalui brosur atau polis yang ada.

Ini untuk menghindari biaya-biaya tersembunyi dan pengecualian yang dapat merugikan nantinya. Tentunya tidak ada yang ingin terlibat polis layaknya membeli kucing dalam karung.

2. Mencakup semua manfaat pokok

Produk asuransi yang buruk hanya akan melibatkan beberapa layanan penting dalam paket manfaatnya, dan bukan yang lainnya.

Ketahui layanan apa yang benar-benar kita butuhkan dan pastikan produk asuransi itu memberikan proteksi yang lengkap dan mencakup hal-hal tersebut.

Baca Juga: 3 Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Kembangkan Gel Daun Mangga Obati Luka Diabetes

3. Memberikan fleksibilitas

 

Dengan harga yang murah, kita mungkin tetap tidak akan mendapatkan segalanya. Asuransi kesehatan yang bagus dan murah pasti memberikan kesempatan untuk memilih manfaat tambahan (rider) ke depannya.

Ketika kita merasa lebih mampu atau menginginkan layanan lainnya, kita bisa membeli rider yang sesuai dengan rencana dan kebutuhan.

Baca Juga: Fakta Sinar Matahari Berlimpah Jadi Alasan Virus Corona Sukar Hidup di Indonesia

4. Sistem klaim mudah

Sistem klaim cashless atau reimburse kini merupakan standar umum yang ada di kebanyakan produk-produk asuransi di pasaran.

Produk asuransi sebaiknya tidak mengorbankan sistem ini hanya karena premi yang diwajibkan tergolong rendah. Asuransi kesehatan yang bagus dan murah akan memberikan kemudahan dalam proses klaim manfaat.

5. Dapat digunakan di berbagai instansi kesehatan

Tidak ada yang mengetahui kapan seseorang akan terjatuh sakit dan membutuhkan penanganan dokter atau ahli kesehatan yang lain.

Apabila ini tiba-tiba terjadi pada kita , pastikan asuransi yang akan dibeli dapat digunakan di berbagai rumah sakit.

Paling tidak, kita harus yakin perusahaan asuransi tersebut memiliki kerja sama dengan rumah sakit atau klinik dekat rumah.

Baca Juga: Berantas Stunting: Cegah Malnutrisi, Kemenkes akan Intervensi Gizi 211 Ribu Ibu Hamil di NTT

5. Memiliki reputasi bagus

Adapun caranya adalah dengan melihat kualitas perusahaan asuransi yang menawarkan produk tersebut. Perusahaan asuransi yang terpercaya akan terdaftar oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia).

Selain itu, kita juga dapat meminta testimoni dari rekan atau kerabat yang merupakan nasabah perusahaan tersebut untuk melihat bagaimana kualitas pelayanannya. Reputasi yang bagus merupakan syarat utama dalam pemilihan produk asuransi. (*)

#berantasstunting