Find Us On Social Media :

Turun Berat Badan 10% Saja Bisa Hapuskan Komplikasi Akibat Diabetes

Menurunkan berat badan 10% saja dari berat badan semula dapat menurunkan risiko komplikasi diabetes bahkan memperoleh remisi penyembuhan.

GridHEALTH.id - Sebuah studi baru telah menemukan bahwa jika orang mencapai penurunan berat badan dalam beberapa tahun pertama dari diagnosis diabetes tipe 2, bisa terhindar komplikasi dari penyakit ini.

Baca Juga: Berita Kesehatan Diabetes: Patuhi Prinsip Pola Makan 3T Untuk Kendalikan Gula Darah

Untuk diketahui, diabetes tipe 2 adalah kondisi metabolisme yang ditandai dengan ketidakmampuan tubuh untuk memproses glukosa (gula). Akibatnya, kadar gula darah tetap tinggi.

Kondisi ini mempengaruhi lebih dari 30 juta orang di Amerika Serikat dan 80 juga orang di seluruh dunia.

Diabetes yang tidak dikendalikan dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk hiperglikemia, hipertensi, dan masalah penglihatan.

Biasanya, dokter meresepkan obat dan menyarankan intervensi diet untuk membantu individu mengendalikan gejala diabetes tipe 2.

Namun remisi - merujuk pada penurunan drastis atau bahkan hilangnya gejala, memungkinkan orang untuk berhenti pengobatan - adalah mungkin dalam kondisi tertentu. Komplikasi yang disebabkan oleh diabetes juga dimungkinkan hilang. 

Baca Juga: Terungkap, Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena Serangan Jantung

Orang dengan obesitas dan diabetes tipe 2, misalnya, dapat mengalami remisi diabetes setelah operasi bariatrik (penurunan berat badan secara drastis melalui operasi pemotongan lambung).