Find Us On Social Media :

4 Tanda Terjadi Intoleransi Gula di Tubuh, Salah Satunya Kembung

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 3 Februari 2020 | 16:18 WIB

Perut kembung yang dialami usai mengonsumsi gula bisa menjadi pertanda adanya intoleransi yang dialami.

GridHEALTH.id - Seperti yang kita ketahui, tubuh memang memerlukan asupan gula untuk menghasilkan energi. Namun, bagaimana kalau timbul reaksi setelah mengonsumsi makanan atau minuman manis?

Baca Juga: Berita Kesehatan Diabetes: Patuhi Prinsip Pola Makan 3T Untuk Kendalikan Gula Darah

Banyak orang mengira bahwa dirinya mengalami alergi gula setelah mengonsumsi makanan yang terasa manis ataupun mengandung gula.

Padahal, kemungkinan besar ada zat tertentu di dalam makanan tersebut yang merupakan alergen atau pemicu alergi.

Misalnya kita makan muffin cokelat lalu timbul diare hingga muntah-muntah. Penyebabnya bisa saja dalam makanan tadi terkandung pemicu alergi seperti telur, susu, cokelat, kacang, atau gandum/tepung.

Sementara, dikutip dari laman Medical News Today, alergi gula sebenarnya tidak ada, beberapa hal yang dialami itu ialah intoleransi gula. Alergi gula dan intoleransi gula mirip namun memiliki beberapa perbedaan utama.

Alergi merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak berbahaya.

Baca Juga: Aritmia, Gangguan Irama Jantung yang Jarang Disadari Gejalanya, Padahal Bisa Berujung Maut

Saat sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap makanan atau bahan tertentu pada makanan, inilah yang disebut sebagai alergi makanan.