Find Us On Social Media :

5 Penyebab Tidak Merokok Tapi Terkena Kanker Paru, Perlu Diwaspadai

Nonperokok pun dapat menderita kanker paru-paru karena berbagai faktor penyebab.

GridHEALTH.id - Paru-paru membantu kita bernapas dan memberikan oksigen ke seluruh tubuh. Tetapi Menurut WHO, kanker paru adalah penyebab paling umum kematian akibat kanker.

Baca Juga: Waktunya Untuk Berhenti Merokok Karena Ini Penyebab Kanker Paru yang Paling Banyak Diidap Orang Indonesia

Kanker paru menyebabkan ketidakmampuan tubuh dalam berfungsi, menyebabkan kualitas hidup yang buruk. Kanker paru merupakan penyakit keganasan dan penyebab kematian yang paling utama di dunia.

Kanker paru, adalah tumor ganas yang berasal dari epitel bronkos/karsinoma bronkos adalah kondisi ketika sel-sel jaringan di paru-paru tumbuh dengan luar biasa cepat, menyebabkan tumor terbentuk.

Walaupun merokok merupakan penyebab kanker paru-paru, tidak semua kasus kanker paru-paru terjadi pada perokok atau mantan perokok. Beberapa kasus kanker paru-paru juga bisa terjadi pada orang yang tidak merokok.

Beberapa kondisi di bawah ini, dapat meningkatkan risiko nonperokok bisa terkena kanker paru-paru. Apa sajakah itu?

1. Perokok pasif

Perokok pasif menghirup asap tembakau dari perokok lain, merupakan faktor risiko terjadinya kanker paru-paru.

Menurut laporan Center for Disease Control and Prevention di AS, nonperokok yang serumah dengan perokok akan memiliki peningkatan risiko 24%  untuk terkena kanker paru-paru jika dibandingkan dengan nonperokok lainnya. 

Baca Juga: Pakar Virus Indonesia Melihat Keanehan Pada Virus Corona, 'Ada Semacam Struktur Buatan yang Ditempel'!

Setiap tahun, hingga 3.000 kematian akibat kanker paru-paru diperkirakan terjadi di Amerika Serikat yang disebabkan oleh perokok pasif.