Find Us On Social Media :

7 Penyakit Berisiko Muncul Bila Gangguan Diabetes Tidak Dikelola

Tujuh penyakit berisiko muncul bila diabetes tidak dikelola dengan baik.

 

GridHEALTH.id - Data dari riset berjudul Diabetes In Asia: Empowering Communities To Lead Healthier Live, menunjukkan sekitar 6,7% atau setara dengan 10,3 juta masyarakat Indonesia menderita diabetes dengan rentang usia 20 - 79 tahun.

Baca Juga: Studi Terbaru Ungkap Penyebab Diabetes tipe 2, Ternyata Lemak yang Bertumpuk di Hati dan Pankreas

Dari penelitian yang sama juga didapati bahwa 24,4% penduduk Indonesia mengalami kelebihan berat badan, 5,7% tergolong obesitas, dan 22,8% berisiko terkena diabetes karena kurangnya aktivitas fisik.

Sayangnya, sebagian besar dari kita masih beranggapan bahwa diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan saja.

Padahal, penyakit ini juga bisa terjadi karena pengaruh dari gaya hidup yang tidak sehat. Hal ini diungkapkan oleh dr. Dante Saksono Harbuwono Sp.PD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Penyakit Dalam FKUI/RSCM.

“Hasil survei FKUI RSCM-Divisi metabolik endokrin menemukan 1 dari 8 orang di Jakarta terkena diabetes, dan 2 dari 3 orang yang terkena diabetes tidak mengetahui kalau dirinya terkena diabetes,” ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (14/11/2019).

Begitu kita mengidap diabetes, maka tidak ada obat yang bisa menyembuhkannya. Hal yang bisa kita lakukan hanyalah menjalankan pola hidup sehat agar gula darah tetap terkontrol.

Baca Juga: Aromaterapi Lavender, Paling Baik Mengatasi Insomnia Secara Alami

Selain agar gula darah  tetap terkontrol, menerapkan pola hidup sehat saat menderita diabetes juga sangat penting.