Find Us On Social Media :

Studi : Obat Hipertensi Berpotensi Digunakan Sebagai Obat Alzheimer

By Soesanti Harini Hartono, Minggu, 16 Februari 2020 | 08:35 WIB

Obat hipertensi bisa digunakan untuk mencegah alzheimer.

GridHEALTH.id- Baru-baru ini, sebuah penelitian menemukan bahwa pil yang umumnya -digunakan untuk mengendalikan hipertensi dapat membantu pasien dengan penyakit Alzheimer.

Baca Juga: Pendapat Ahli: Garam Himalaya Tidak Aman Untuk Penderita Hipertensi

Penelitian ini menguraikan bahwa pil yang disebut nivadipine diberikan kepada pasien hipertensi dapat membantu memerangi penyakit Alzheimer. 

penyakit Alzheimer adalah penyakit otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap. Kondisi ini banyak ditemukan pada orang-orang di atas 65 tahun.

Penyebab pasti penyakit Alzheimer belum diketahui. Akan tetapi diduga Alzheimer terjadi karena pengendapan protein di dalam otak, sehingga menghalangi asupan nutrisi ke sel-sel otak.

 

Pada tahap awal, penderita penyakit Alzheimer akan mengalami gangguan daya ingat yang sifatnya ringan, seperti lupa nama benda atau tempat, serta lupa kejadian atau isi percakapan yang belum lama terjadi. Seiring waktu, gejala tersebut akan bertambah parah.

Pada tahap lanjut, penderita penyakit Alzheimer sulit bicara atau menjelaskan suatu hal, sulit untuk merencanakan sesuatu, sulit membuat keputusan, kerap terlihat bingung, serta mengalami perubahan kepribadian.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Cuka Sari Apel Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Para peneliti selalu bekerja secara intensif untuk menemukan cara untuk mengobati dan mencegah Alzheimer.