Find Us On Social Media :

Pendapat Ahli: Garam Himalaya Tidak Aman Untuk Penderita Hipertensi

Garam Himalaya atau Himalayan pink salt tetap mengandung natrium klorida yang perlu dihindari penderita hipertensi.

GridHEALTH.id – Bicara tentan garam seringnya berhubungan dengan makanan. Tetapi penggunaan garam juga disinggung dalam kesehatan, yaitu asupan garam berhubungan dengan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Baca Juga: Fakta: Kumur Air Garam Tidak Akan Menyembuhkan Sakit Gigi

Penyakit tekanan darah ini merupakan momok yang ditakutkan karena dapat menimbulkan banyak gangguan kesehatan dalam jangka panjang, mulai dari penyakit jantung koroner, stroke, hingga penyakit ginjal.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan mengurangi takaran garam yang dikonsumsi.

Kini bahkan telah tersedia garam khusus yang digadang-gadang aman dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi.  Contohnya garam himalaya atau pink himalayan salt yang diklaim rendah kadar natrium klorida.

Dilansir dari Healthline, pink himalayan salt adalah garam berwarna merah muda yang diekstrak dari Tambang Garam Khewra, yang terletak di dekat Himalaya di Pakistan.

Tambang Garam Khewra adalah salah satu tambang garam tertua dan terbesar di dunia.

Baca Juga: Berubah, Suhu Normal Tubuh Manusia Akibat Vaksin dan Antibiotik

Garam Himalaya merah muda yang dipanen dari tambang ini diyakini telah terbentuk jutaan tahun yang lalu dari penguapan badan air purba.