Find Us On Social Media :

Studi : Glukosamin Tidak Membantu Pengobatan Osteoarthritis

Konsumsi suplemen glukosamin sebagai bagian pengobatan osteoarthritis tidak lagi disarankan karena dianggap berbahaya.

 

GridHEALTH.id - Orang-orang yang menggunakan salah satu suplemen kesehatan paling populer di Australia untuk osteoarthritis telah didesak untuk berhenti minum pil suplemen glukosamin.

Baca Juga: 9 Makanan yang Dapat Mencegah Tulang Keropos Dengan Diet Osteoporosis

Sebabnya, sebuah penelitian menyodorkan bukti kuat bahwa suplemen ini tidak cukup membantu sebagai pengobatan osteoarthritis, bahkan cenderung merugikan

 

Glukosamin atau glucosamine adalah gula alami yang digunakan tubuh kita untuk membuat tulang rawan baru. Tetapi bukti ilmiah tentang apakah menggunakannya sebagai suplemen membantu orang dengan osteoarthritis, diketahui  tidak konsisten dan tidak jelas.

Sekarang, serangkaian penelitian baru yang lebih mendalam telah menemukan glukosamin tidak membantu orang dengan osteoarthritis.

Pada bulan Oktober, American College of Rheumatology memperbarui pedomannya yang selama ini merekomendasikan menggunakan glukosamin untuk osteoarthritis.

The Australian Rheumatology Association telah mengeluarkan peringatan serupa setelah meninjau sarannya sendiri tentang glukosamin, 'berhentilah minum glukosamin'.

Baca Juga: Berantas Stunting; Saat Remaja Diet Sembarangan, Berpotensi Kelak Lahirkan Anak Stunting

"Glukosamin tidak membantu, dan bisa berbahaya karena reaksi tipe alergi tertentu sering terjadi. Sekarang jika seseorang bertanya-tanya apakah mereka harus mengonsumsi glukosamin untuk membantu arthritis mereka, bukti klinis terbaru mengatakan tidak," kata Profesor David Hunter, juru bicara asosiasi dan ketua Institute of Bone dan Joint Research di University of Sydney.