Find Us On Social Media :

Musisi Elton John Umumkan Terkena Sakit Walking Pneumonia, Apa Itu?

Musisi Elton John mengaku dirinya terkena penyakit walking pneumonia, sejenis pneumonia paling ringan tapi bisa membuat penderitanya kehilangan suara.

GridHEALTH.id - Musisi gaek Elton John belum lama ini tiba-tiba harus menghentikan konsernya karena kehilangan suara. Lewat Instagram, ia mengaku terserang walking pneumonia.

Baca Juga: Belum Ada Vaksin Untuk Pneumonia Asal Wuhan, Masyarakat Diminta Waspada

"Saya didiagnosis walking pneumonia hari ini," tulis Elton di Instagram. Video yang diunggah seorang fans menunjukkan Elton berdiri dari piano, lalu merentangkan tangan di tengah konsernya di Auckland, New Zealand. Ekspresinya tampak sedih saat dipandu meninggalkan panggung.

'Walking pneumonia'  terdengar seperti film horor science fiction. Tapi penyakit ini sebenarnya jenis pneumonia yang paling tidak menakutkan.

Saking ringannya, gejala pneumonia berjalan digambarkan hanya mirip pilek atau common cold dan biasanya jenis pneumonia ini juga tidak mengharuskan pasien untuk tinggal di rumah sakit.

Dikutip dari WebMD, banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit ini, antara lain bakteri, virus, jamur, bahan kimia, dan makanan yang dihirup. Jenis bakteri yang menyerang disebut  Mycoplasma pneumoniae.

Siapa pun bisa mendapatkannya, termasuk anak-anak dan orang dewasa yang berusia di bawah 40 tahun.

Baca Juga: Kurangi Minyak di Wajah dengan Masker Campuran Kopi dan Lemon

Orang-orang yang tinggal dan bekerja di tempat-tempat ramai, seperti sekolah, asrama, barak militer, dan panti jompo, lebih mungkin terkena itu.