Find Us On Social Media :

4 Cara Aman Mengelola Kadar Gula Darah Untuk Penderita Diabetes

Salah satu cara aman mengelola kadar gula darah salah satunya menakar karbohidrat untuk mengetahui jumlah glukosa dan insulin yang terkandung dalam makanan.

GridHEALTH.id - Penyakit diabetes menyerang tanpa mengenal usia, tak selamanya orang lanjut usia saja atau yang gemuk yang dapat mengalami diabetes. 

Baca Juga: 7 Penyakit Berisiko Muncul Bila Gangguan Diabetes Tidak Dikelola 

Bahkan diabetes juga bisa saja dialami oleh seseorang dengan kondisi tubuh yang kurus.

Diabetes adalah penyakit yang memengaruhi kemampuan tubuh dalam memproduksi atau merespon insulin, yang menghasilkan gula darah tinggi.

Tanda dan gejala penyakit diabetes sering kali tak terdeteksi karena tak terlalu terlihat, padahal jika tidak ditangani dengan cepat diabetes cukup berbahaya untuk hidup.

Diabetes dan penurunan berat badan ibarat dua sisi mata uang yang saling berkaitan. Jika seseorang terkena diabetes, maka dokter akan menyarankan untuk menurunkan berat badan agar tetap sehat.

Meski begitu, kita juga tak bisa membatasi makan terlalu ketat karena tingkat gula darah bisa menurun tajam yang bisa menyebabkan hipoglikemia yang berbahaya bagi penderita diabetes.

Lalu bagaimana cara aman untuk menurunkan berat badan ketika mengidap diabetes? Dr Rajeev Chawla, ahli diabetes dari North Delhi Diabetes Center, menyarankan beberapa hal berikut ini, seperti dilansir oleh Health Me Up (13/08/19);

Baca Juga: Waduh, Tahun 2030 Indonesia Diramalkan Bakal Muncul Tsunami Katarak

1. Lakukan olahraga secara teratur

Olahraga adalah bagian penting untuk orang yang terkena diabetes. Hampir sama pentingnya dengan pengobatan.