Find Us On Social Media :

Ini Dia Alasan Dokter Melakukan Tes EKG Bagi Penderita Jantung

Memonitor gerakan jantung lewat mesin EKG.

GridHEALTH.id - Bagi pasien penderita penyakit jantung atau diduga punya gangguan jantung, dokter sering kali menganjurkan untuk dilakukannya pemeriksaan EKG.

Baca Juga: 8 Tanda di Tubuh Awal Adanya Gangguan Jantung, Mohon Waspadai

Pemeriksaan Jantung EKG (Pemeriksaan Elektrokardiogram adalah pemeriksaan jantung untuk mendeteksi kelainan dengan mengukur aktivitas listrik yang dihasilkan oleh jantung, sebagaimana jantung berkontraksi.

Pemeriksaan EKG merupakan tes sederhana untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik di jantung. Gelombang listrik membuat otot berkontraksi dan memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh juga paru-paru.

Alat EKG menggunakan elektroda logam datar yang diletakkan di bagian dada. Ini bertujuan mendeteksi muatan listrik yang dihasilkan oleh jantung saat berdetak. Hasilnya, dalam bentuk gambar.

Gambar yang muncul berupa garis berlekuk. Yang perlu diperhatikan, pola lekukan atau gelombang detakan dari jantung harus memiliki bentuk yang konsisten.

Dikutip dari awalbros.com, pemeriksaan  dapat membantu mendiagnosis berbagai kondisi penyakit jantung seperti aritmia jantung, pembesaran jantung, peradangan jantung (perikarditis atau miokarditis) dan penyakit jantung koroner.

Baca Juga: 7 Penyakit Berisiko Muncul Bila Gangguan Diabetes Tidak Dikelola  

Tindakan EKG jantung dilakukan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah serta didukung peralatan medis yang memadai.