Find Us On Social Media :

4 Pilihan Kontrasepsi Bagi Pria, Ternyata Kondom Paling Disuka

Meski kurang populer dibanding kontrasepsi pada wanita, ternyata pria juga punya cara dan alat kontrasepsi, dan ada 4 jenisnya.

 

GridHEALTH.id -  Kita lebih akrab mendengar istilah KB untuk wanita. Nama jenis kontrasepsi untuk wanita pun, seperti pil KB, IUD, suntik, implan, tubektomi, lebih sering kita dengar.

Mungkin hanya sedikit dari kita yang bisa menjawab, kondom atau vasektomi, ketika ditanya jenis KB pria.

Bukan hanya soal popularitas, dari segi penelitian pun, kontrasepsi pria sangat jauh tertinggal dibandingkan dengan rekannya, KB untuk wanita.

Sebabnya, kontrasepsi pria dianggap sangat “mudah”. Contohnya  untuk pria yang aktif secara seksual, “pullout” atau ejakulasi di luar vagina adalah metode kontrasepsi yang paling sering digunakan.

Kedua adalah kondom. Meskipun ada yang menganggap penggunaan kondom mengurangi sensasi nikmat saat bercinta, ternyata pemasangannya masih lebih mudah.

Selain itu, sejak dulu kontrasepsi didesain kebanyakan untuk wanita karena kehamilan memiliki risiko kematian. Itulah mengapa dirasa perlu mencegah kehamilan, terlebih yang tidak direncanakan.

Baca Juga: Studi : Semakin Besar Kemaluan, Pria Makin Malas Pakai Kontrasepsi

Baca Juga: Masyarakat Masih Banyak Tak Paham Soal Virus Corona, Ini Penjelasan Lengkapnya

Di sisi lain, pria tidak menghadapi risiko serupa sehingga urgensi untuk kontrasepsi pria ketimbang wanita juga tidak sama.