Find Us On Social Media :

Dokter; Jangan Kebanyakan Baca Informasi Corona Covid-19 di Media Sosial, Jika Tak Ingin Alami Gejala Terinfeksi

Dr. Andri,SpKJ,FACLP

GridHealth.id - Tak disadari kadang kala kita merasa seperti tubuh tiba-tiba saja mengalami nyeri, rasa gatal di tenggorokan, dan merasa sedikit meriang walaupun suhu tubuh normal.

Hati-hati itu bisa saja timbul akibat merasa cemas setelah melihat informasi terkait Covid-19.

Baca Juga: Hadapi Lonjakan Virus Corona, Maruf Amin Mohon MUI Siapkan Fatwa Tenaga Medis Tak Perlu Wudhu Untuk Salat

Menurut dr. Andri,SpKJ,FACLP, seorang dokter spesialis kedokteran jiwa, mengatakan bahwa itu merupakan reaksi psikosomatik tubuh.

Lebih lanjut, melalui akun Twitter pribadinya, dr Andri menjelaskan bahwa hal jika mengalami gejala-gejala tersebut di tengah wabah Covid-19 adalah yang wajar.

Umumnya, psikosomatik merupakan suatu kondisi atau gangguan yang melibatkan pikiran dan tubuh, sehingga menimbulkan keluhan fisik.

Baca Juga: Tidak Indahkan Himbauan Pemerintah Ria Ricis Dilabrak Tetangganya Sendiri, Ternyata Ngeyel Diancam Dilaporkan ke Polisi

Menurut dr Andri, hal yang membuat reaksi ini bisa timbul adalah kecemasan akibat paparan informasi Covid-19 yang terus menerus.

etika seseorang cemas atau takut, mereka bisa saja mengalami beberapa gejala, seperti getaran, mual, berkeringat, mulut kering, sakit kepala, nyeri dada, palpitasi, detak jantung meningkat, dan tingkat pernapasan yang meningkat.