Find Us On Social Media :

Akibat Rumah Sakit Penuh, Tak Semua Korban Virus Corona Tertampung, Apa yang Harus Dilakukan Pasien?

Akibat melonjaknya pasien virus corona banyak rumah sakit tak bisa lagi menampung, ada juga rumah sakit yang belum menyiapkan ruang khusus penangan Covid-19 (RICU) dengan fasilitas lengkap dan tenaga medis.

 

GridHEALTH.id –  Di tengah meningkatnya jumlah kasus di Indonesia, sejumlah tenaga medis mengaku rumah sakit di dalam negeri mulai mengalami kesulitan dalam menangani penyebaran penyakit virus corona, atau Covid-19.

Mereka mengungkap bahwa ketersediaan peralatan rumah sakit mulai menipis, sementara rasa kekhawatiran akan terinfeksi juga kian meningkat.

Mengantisipasi kasus virus corona yang terus bertambah, Pemerintah berusaha mempersiapkan rumah sakit khusus perawatan pasien Covid-19.

Salah satu tempat yang akan dijadikan sebagai Rumah Sakit Darurat Corona adalah Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Utara.

Hal itu berdasarkan pengumuman langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam siaran langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (20/3/2020) lalu.

Bahkan menurut Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman Wisma Atlet Kemayoran sudah bisa digunakan untuk tempat isolasi pada Senin (23/3/2020) besok.

 Baca Juga: Rusia dan Amerika Serikat Berangsur Tarik Warganya, Tanda Indonesia Sudah Lampu Merah Virus Corona?

Baca Juga: Kaitan Kadar Gula Darah Tinggi dan Virus Corona, Mengapa Pasien Diabetes Rentan?

"Senin mulai dipakai, ada 2400 kamar tersedia. Ditambah lagi Rumah Sakit di Pulau Galang, Batam. Ini masih disiapkan, mungkin 2-3 minggu lagi bisa beroperasi," ucapnya dikutip Tribunnews (21/3/2020).