Find Us On Social Media :

Meski Tak Secara Langsung Menangkal Covid-19, Tapi Berjemur Bisa Cukupi Kebutuhan Vitamin D Pada Tubuh

Wanita sedang berjemur dibawah paparan sinar matahari

GridHealth.id - Kini berjemur jadi tren yang dilakukan banyak orang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh demi mencegah penularan virus corona (Covid-19).

Meski belum terdapat penelitian yang secara langsung menunjukkan bahwa berjemur dapat mencegah penularan virus corona (Covid-19), tetapi dengan berjemur bisa membuat tubuh kita mendapatkan vitamin D yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Hadapi Corona dengan Berjemur Tren Gaya Hidup Terkini, Ini Waktu Tepat Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Studi tahun 2011 yang tercatat dalam Journal of Humanities and Social Science, menyebutkan bahwa implikasi dari defisiensi vitamin D pada sistem kekebalan tubuh menunjukkan ada peningkatan kerentanan terhadap infeksi dan diatesis, dalam inang yang rentan secara genetik terhadap autoimunitas.

Tak hanya itu, menurut National Health Service (NHS), tubuh kita membutuhkan vitamin D untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfat dari makanan kita. Mineral-mineral ini penting untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot.

Baca Juga: Berjemur di Bawah Sinar Matahari. Solusi Hadapi Corona Menurut Dokter Spesialis Paru dari Bekasi

Sebaliknya, apabila tubuh kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang menjadi lunak dan lemah, yang dapat menyebabkan kelainan bentuk tulang.