Find Us On Social Media :

Banyak Hal Bisa Dilakukan Saat Isolasi diri, Salah Satunya Tanam Tauge

Tauge memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

GridHealth.id - Tauge atau kecambah merupakan tanaman muda yang baru dan berkembang dari tahap embrionik dalam biji. Tauge sering diolah menjadi aneka masakan.

Selain renyah dan lezat, tauge juga memiliki segudang manfaat karena dikemas dengan protein nabati, tidak mengandung lemak, dan sangat rendah kalori.

Melansir laman Organicfacts.net, tauge diketahui mengandung protein tingkat tinggi, dengan rata-rata 5 gram per cangkir tauge. 

Baca Juga: WFH: Ini Bahan Makanan yang Perlu Ada di Rumah dan Tips Jaga Makan

Menurut United States Department of Agriculture, jenis tanaman ini mengandung kadar vitamin C dan vitamin B6 yang signifikan, zat besi, riboflavin, asam pantotenat, niasin, tiamin, seng, kalsium, fosfor, magnesium, kalium, dan tembaga.

Tak hanya itu, tauge juga memiliki tingkat lemak yang sangat rendah, tanpa kolesterol, dan tanpa lemak jenuh. Kandungan serat makanannya sangat baik - lebih dari 2,5 gram per cangkir, bersama dengan karbohidrat rendah tingkat kompleks lainnya.

Baca Juga: WHO; Tips Makan Sehat Selama Karantina di Tengah Wabah COVID-19

Jumlah kalori dari tauge cukup rendah, yaitu tidak lebih dari 65 kalori per cangkir.

Dengan berbagai kandungan, tauge memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti membantu dalam penurunan berat badan, meningkatkan kesehatan tulang, jantung dan hati, mengobati gangguan otak, dan meningkatkan pencernaan.